Kurikulum
Kurikulum dikembangkan atas dasar adanya kebutuhan akan perubahan rancangan dan proses pendidikan dalam rangka memenuhi dinamika kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Hal itu dimaksudkan agar pendidikan selalu dapat menjawab tuntutan perubahan sesuai dengan jamannya. Dengan demikian luaran pendidikan akan mampu memberikan kontribusi secara optimal dalam upaya membangun masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society). Secara garis besar kurikulum KKNI sebagai sebuah rancangan, terdiri dari empat unsur meliputi: capaian pembelajaran, bahan kajian yang harus dikuasai, strategi pembelajaran untuk mencapai capaian, dan sistem penilaian/asesment ketercapaiannya. KKNI merupakan pernyataan kualitas SDM Indonesia, dimana tolok ukur kualifikasinya ditetapkan berdasarkan capaian pembelajaran yang dimilikinya. Oleh sebab itu kurikulum pendidikan tinggi merupakan program untuk menghasilkan lulusan yang setara dengan kualifikasi yang disepakati dalam KKNI.Lulusan perguruan tinggi harus memenuhi kualifikasi tersebut agar dapat menutupi
kebutuhan lembaga satuan pendidikan dan masyarakat terhadap tenaga pendidik Manajemen.
Pada kurikulum KKNI, program studi manajemen mampu memfasilitasi mahasiswa untuk belajar sesuai dengan perkembangan era saat ini, yakni era industri. Namun tidak hanya itu, pada kurikulum ini menyarankan dan menawarkan mahasiswa mampu mentransformasikan dirinya ke dalam era di mana mahasiswa tersebut sedang menempuh pembelajaran. Banyak sekali contoh studi kasus pada era industri di abad 21. Sehingga mahasiswa mampu mengimplikasikan teori yang diperoleh dan mampu mengaplikasikan hasil pembelajarannya dalam memberi manfaat untuk kehidupan di masa depan.
Prospek Lulusan Manajemen Unusida
Manajemen adalah program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam Organisasi ataupun perusahaan untuk mencapai tujuan. Program Studi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo telah berdri sejak tahun 2014 dan memiliki 3 (tiga) konsentrasi yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Keuangan. Adapun prospek kerja program studi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo adalah sebagai berikut :
- Melakukan pengambilan keputusan manajerial secara dinamis maupun bekerjasama kelompok dalam pemecahan permasalahan manajerial, berpikir strategis, membuat keputusan strategis, dan memandang berbagai isu bisnis dari perspektif perusahaan, membuat desain bisnis dan pelaporan bisnis, melakukan penilaian investasi.
- Memiliki kemampuan menemukan solusi kesulitan yang terjadi di perusahaan yang diwujudkan dengan kecakapan menyelesaikan pemecahan masalah-masalah manajerial serta memberikan saran yang terukur dan tepat sasaran.
- Merencanakan metode dan teknik manajemen SDM yang efektif, merancang pengembangan berkelanjutan untuk mencetak SDM yang unggul, kompetitif, dan berkelanjutan, serta menganalisis kebutuhan SDM dalam sebuah organisasi
- Menganalisis kondisi dan peluang pasar, mengembangkan strategi pasar, menghadapi penawaran pasar, mengelola dan merancang program-program pemasaran.
- Melakukan keputusan pengelolaan keuangan terkait keputusan- keputusan manajemen keuangan yang bersifat kompleks, yang meliputi manajemen keuangan, pengelolaan modal kerja serta perencanaan dan pengendalian keuangan jangka pendek serta perpajakan
- Merancang dan menganalisis sistem informasi manajemen berbasis teknologi dengan menjaga transparansi berdasarkan nilai-nilai kejujuran
- Mampu menganalisis kelayakan bisnis dan memberikan solusi untuk permasalahan bisnis secara efektif dan efisien.
- Memahami karakteristik wirausaha dan bisnis yang terkait dengan aspek pasar dan pemasaran, keuangan, tehnik dan produksi, sosial, dan manajemen dalam melaksanakan wirausaha dan bisnis.
- Memiliki kemampuan merencanakan, mengorganisir, mengembangkan dan mengevaluasi berbagai masalah dalam bidang wirausaha atau bisnis.
- Memiliki perspektif kemandirian, dan mampu bekerjasama dengan pihak lain dalam menyelenggarakan wirausaha atau bisnis.
- Perancangan dalam menganalisa kondisi dan peluang pasar, menentukan beberapa macam strategi dan memilih beberapa macam strategi.
- Mengakselerasi usaha secara kreatif, inovatif serta dinamis berbasis digital dengan tujuan untuk menghasilkan produk dengan nilai tinggi dan menjunjung tinggi integritas agar bisa menjadi manfaat bagi masyarakat serta menjawab tantangan perkembangan dunia usaha memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Memiliki produk unggulan dengan nilai tinggi dan memiliki daya saing bagi masyarakat
Capaian Pembelajaran
Dalam mencapai hasil lulusan yang di harpkan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Maka kami menetapkan capaian pembelajaran yang sudah di jabarkan didalam Dokumen Kurikulum. Berdasarkan hasil kesepakatan FMI (Forum Mahasiswa Indonesia), dan panduan pengembangan Kurikulum Program Studi Akuntansi Universiatas Nahdlatul Ulama sidoarjo CPL terdiri dari:
- Sikap, merupakan perilaku benar dan berbudidaya yang terbangun dari terinternalisasi dan aktualisasi nilai dan norma selama proses belajar serta kehidupan akademik di kampus baik tersetruktur maupun tidak tersetruktur.
- keterampilan umum, merupakan perwujudan akhir dari proses transformasi potensi yang ada dalam setkiap individu pembelajaran menjadi kompetensi atau kemampuan yang aplikatif, bermanfaat.
- keterampilan khusus, merupakan keterampilan yag wajib di miliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi, yang terkait dengan metode yang digunakan dalam kerja tersebut, tingkat mutu yang harus capai dan kondisi/proses dalam mencapai hasil tersebut.
- pengetahuan, merupakan cerminan terhadap penguasaan konsep, teori dan metode dan/atau falsafahbidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dan terakumulasi selama proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian masyarakat yang terkait pembelajaran.
- Sikap
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious. |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama moral, dan etika. |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, dan |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
S11 | Mengintegrasikan nilai-nilai Ala Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) dalam kehidupan sosial, akademik dan religious. |
- Kemampuan Umum
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; |
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
- Kemampuan Khusus
KK1 | Mampu mengambil keputusan manajerial dan memberikan problem solving terhadap permasalahan bisnis dengan menggunakan metode dan teknik manajemen SDM yang efektif. |
KK2 | Mampu melakukan analisis kelayakan bisnis dan memberikan solusi terhadap permasalahan bisnis secara efektif dan efisien dengan menggunakan sistem informasi manajemen. |
KK3 | Memiliki perspektif kemandirian dan mampu menganalisa peluang pasar dalam menentukan strategi pemasaran, pengelolaan keuangan, dan teknik produksi dalam mengelola usaha secara kreatif, inovatif serta dinamis berbasis digital. |
- Pengetahuan
P1 | Mampu menguasai konsep teori pengambilan keputusan dan memberikan problem solving terhadap permasalahan secara efektif dalam suatu organisasi. |
P2 | Mampu menguasai konsep manajemen dan menyusun rencana strategi pada berbagai jenis organisasi. |
P3 | Mampu menguasai pemikiran inovatif dan kreatif dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menerapkan nilai humanoria yang sesuai dengan bidang keahliannya yang berpedoman pada nilai-nilai aswaja. |
Prospek Lulusan
Manajemen adalah program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Manajemen juga termasuk dalam bidang bisnis dan ekonomi, tetapi lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam Organisasi ataupun perusahaan untuk mencapai tujuan. Program Studi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo telah berdri sejak tahun 2014 dan memiliki 3 (tiga) konsentrasi yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Keuangan. Adapun prospek kerja program studi Manajemen Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo adalah sebagai berikut :