Capaian Pembelajaran

Hasil kesepakatan FMI (Forum Mahasiswa Indonesia), dan panduan pengembangan Kurikulum Program Studi Akuntansi Universiatas Nahdlatul Ulama sidoarjo. CPL terdiri dari: aspek sikap

  1. Sikap, merupakan perilaku benar dan berbudidaya yang terbangun dari terinternalisasi dan aktualisasi nilai dan norma selama proses belajar serta kehidupan akademik di kampus baik tersetruktur maupun tidak tersetruktur.
  2. keterampilan umum, merupakan perwujudan akhir dari proses transformasi potensi yang ada dalam setkiap individu pembelajaran menjadi kompetensi atau kemampuan yang aplikatif, bermanfaat.
  3. keterampilan khusus, merupakan keterampilan yag wajib di miliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi, yang terkait dengan metode yang digunakan dalam kerja tersebut, tingkat mutu yang harus capai dan kondisi/proses dalam mencapai hasil tersebut.
  4. pengetahuan, merupakan cerminan terhadap penguasaan konsep, teori dan metode dan/atau falsafahbidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dan terakumulasi selama proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian masyarakat yang terkait pembelajaran.
  • Sikap
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama moral, dan etika.
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, dan
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S11Mengintegrasikan nilai-nilai Ala Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) dalam kehidupan sosial, akademik dan religious.
  • Kemampuan Umum
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  • Kemampuan Khusus
KK1Mampu mengambil keputusan manajerial dan memberikan problem solving terhadap permasalahan bisnis dengan menggunakan metode dan teknik manajemen SDM yang efektif.
KK2Mampu melakukan analisis kelayakan bisnis dan memberikan solusi terhadap permasalahan bisnis secara efektif dan efisien dengan menggunakan sistem informasi manajemen.
KK3Memiliki perspektif kemandirian dan mampu menganalisa peluang pasar dalam menentukan strategi pemasaran, pengelolaan keuangan, dan teknik produksi dalam mengelola usaha secara kreatif, inovatif serta dinamis berbasis digital.
  • Pengetahuan
P1Mampu menguasai konsep teori pengambilan keputusan dan memberikan problem solving terhadap permasalahan secara efektif dalam suatu organisasi.
P2Mampu menguasai konsep manajemen dan menyusun rencana strategi pada berbagai jenis organisasi.
P3Mampu menguasai pemikiran inovatif dan kreatif dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menerapkan nilai humanoria yang sesuai dengan bidang keahliannya yang berpedoman pada nilai-nilai aswaja.